Cara Mengatasi Trouble pada Mesin Chiller dan Harga Jual Chiller

  • March 15, 2019

Kali ini akan membahas mengenai Jasa Service dan Jual Chiller dan cara mengatasi trouble pada chiller. Ketika Anda mendapati mesin chiller Anda yang tidak dingin maka Anda harus segera menanganinya dengan benar. Trouble pada mesin chiller pasti akan sangat menghambat produktivitas kerja perusahaan Anda.
Setiap Chiller pasti pernah mengalami masalah atau trouble, baik itu pada komponen kontrolnya atau komponen penyusunnya. Trouble yang muncul pada beberapa chiller mungkin disebabkan karena beberapa factor, misalnya:

1. Chiller kurang perawatan.
2. Penyimpangan penggunaan oleh operator.
3. Settingan chiler yang kurang sesuai dengan efektifitas kerja.

Jasa Service AC dan Cara Penanganan Chiller yang Trouble

Hal yang menjadi penyebab chiller Anda tidak dingin memang bermacam-macam. Tidak hanya pada control mesin, namun bisa juga pada komponen chiller. Untuk bisa mengetahui trouble pada chiller Anda peru menambahkan beberapa indikator yang akan menyala saat terjadi trouble pada chiller.
Untuk mengtasi trouble pada chiller maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Hal tersebut diantaranya:

1. Freon Shortage dan Cooling Shortage
Freon Shortage merupakan suatu trouble yang disebabkan Freon yang kurang pada chiller. Namun hal ini jarang terjadi. Untuk mengatasinya, maka Anda bisa menekan tombol reset pada panel chiller. Jika kompresor masih belum juga aktif Anda bisa segera tambah Freon. Untuk menambah Freon caranya yaitu:
a. Matikan chiller terlebih dahulu.
b. Buka penutup saluran pengisian Freon
c. Tambahkan Freon menggunakan analiser
d. Perhatikan juga low pressure dan high pressure
e. Jika sudah ada dalam kondisi yang normal, segera tutup kembali dan lakukan running test.
f. Ukurlah arus compressor, lihatlah arus listrik tersebut dengan standar maksimal ampere.

2. Pump Overload
Pump overload merupakan sebuah trouble yang terjadi pada pompa sirkulasi icy water. Pompa ini tidak dapat memompa air menuju chiller karena beban yang terlalu berlebih. Untuk mengatasi pump overload Anda dapat memancing pompa tersebut. Pancing dengan air ini akan membuat es mencair dalam evaporator.
Kebekuan dalam evaporator dan pipanya karena compressor chiller yang terus bekerja tanpa air yang akan diinginkan. Satu hal yang penting, saat indikator trouble ini menyala, segera matikan chiller. Hal ini agar kebekuan dalam evaporator terminimalisir.

3. Defective heat dissipating
Trouble ini merupakan sebuah permasalahan yang terjadi dalam temperature chiler. Temperature chiller melebihi batas normal. Trouble defective heat dissipating ini terjadi karena beberapa factor, diantaranya:
1. Suplay cooling water dari cooling tower tidak ada.
2. Ketidak adaan suplay air ini karena pompanya belum dihidupkan. Maka dari itu, hidupkan pompa ini segera mungkin.
3. Temperature air pendingin condensor dari cooling tower ini terlalu tinggi.
4. Temperatur yang terlalu tinggi mengakibatkan temperature condenser menjadi tinggi. Jika condensore terlalu panas, akan membuat kinerja condenser menjadi tidak optimal. Oleh karena itu, perlu ditambahkan pendinginan pada air cooling tower.

admin

E-mail : admin@rocky-frisco.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*